Login / Register    » RSS GEMA Feed

Tips Aman Menggunakan Headset / Earphone

admin's picture

Menggunakan headset, earphone atau alat pendengar lainnya secara tidak tepat dan berlebihan bisa menyebabkan ketulian. Masalah ini banyak diderita oleh para remaja. Dan, berdasarkan penemuan Komnas Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian, hal ini telah dialami oleh beberapa remaja yang menggunakan ‘earphone’ pada alat pemutar musik dalam pesawat dari Bangkok ke Jakarta dan dari Amerika ke Jakarta.

“Saat sampai di Bandara Cengkareng, telinga mereka menjadi tuli dengan derajat ketulian 110 decibel (db). Sedangkan normal pendengaran kita 0-25 db,” kata Ketua Komnas Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian, Damayanti Soetjipto pada pencanangan Hari Kesehatan Telinga dan Pendengaran di SDN 05 Rawasari, Jakarta Pusat, Rabu 3 Maret 2010.

Menurutnya, jika telah terjadi gangguan seperti ini akan sulit untuk diobati dan disembuhkan. Bahkan hal terburuk yang akan terjadi adalah mengalami tuli permanen. Pengobatan yang dilakukan pun hanya bisa mengembalikan derajat ketulian menjadi 55 db dan ini termasuk dalam kategori ketulian derajat sedang-berat yang tidak akan mungkin kembali normal.

Dan perlu diketahui, gejala awal gangguan ini hanya di nada tinggi sehingga sering tidak dirasakan karena umumnya kita bercakap-cakap dalam nada rendah. Setelah semua frekwensi terkena, baru terasa bahwa pendengaran terganggu dan sudah terlambat untuk diobati.

Untuk itu, agar terhindar dari ketulian, gunakan alat pemutar musik dengan baik dan benar. Bagimana caranya, berikut tipsnya :

1. Volume tidak boleh lebih dari 80 db atau tombol volume dipasang pada 50-60 % total volume.
2. Jangan terlalu lama mendengarkan musik melalui earphone, apalagi terus menerus. Beri istirahat telinga setiap ½ -1 jam. Sebab jika organ dalam koklea merasa capek, pendengaran bisa mengalami rusak permanen.
3. Gunakan alat pemutar musik yang memiliki volume control.
4. Jangan gunakan alat pemutar musik dalam pesawat terbang atau pada lingkungan ramai, sebab di situasi itu Anda cenderung menaikkan volume yang akan merusak pendengaran.

Submitted by admin on 6 September, 2010 - 15:56
 

Comments

comments posted
Wah padahal ane kalo pake

Wah padahal ane kalo pake headset bisa pake volume full loh hahaha, makasih untuk sarannya 

marvic's picture
Posted by marvic on 6 February, 2012 - 10:57
Using headsets, earphones or

Using headsets, earphones or other listening device inappropriately and excessively can cause deafness. This problem affects many teenagers. And, according to the findings of Komnas Mitigation Hearing Loss and Deafness, this has been experienced by some young people who use 'earphone' at music players in a plane from Bangkok to Jakarta and from the United States to Jakarta.
Among grademiners review writers, there's a popular meaning that the students who wear headphones are more likely to fail their exams. More than that, they are more likely to get lower grades on listening exercises.

ameliefan's picture
Posted by ameliefan on 10 January, 2017 - 17:40

Komentar