Login / Register    » RSS GEMA Feed

Charles Wesley

admin's picture

Umumnya orang setuju jika Isaac Watts dan Charles Wesley disebut sebagai dua orang penulis lagu himne berbahasa Inggris yang paling berpengaruh. Setelah Watts mengenalkan lagu-lagu Mazmur berirama baru, gereja Kristen abad ke-18 menyambut baik lagu-lagu himne ciptaan Charles Wesley. Tuhan memang sudah menetapkan Charles Wesley untuk menggantikan Watts sehingga lagu-lagu gerejawi tetap menggetarkan hati.

Charles Wesley lahir tanggal 28 Descember 1707 di Epworth, Lincolnshire, Inggris. Ia adalah saudara John Wesley. Sewaktu mereka berdua belajar di Oxford University, mereka mendirikan kelompok kerohanian yang mereka namakan “Holy Club”. Hal ini mereka lakukan karena ada ketidakpuasan dengan kelesuan spiritual mereka di sekolah. Akibat kebiasaan hidup dan belajar mereka yang bersifat metodis, kedua bersaudara ini kerap dijuluki teman-teman mereka dengan panggilan “orang metodis”. Setelah lulus dari universitas, mereka berdua dikirim ke Amerika oleh Anglican Church guna membangun kehidupan kerohanian orang-orang di Georgia dan memberitakan Injil kepada orang-orang Indian.

Lagu “Walau Seribu Lidahku” dari PPK 20 yang kita pujikan sepanjang bulan Oktober 2004 ini, dalam bahasa Inggrisnya berjudul “O for a Thousand Tongues”. Lagu ini ditulis oleh Charles Wesley tahun 1749 pada saat peringatan ke-11 pengalaman pertobatannya. Peter Bohler, seorang pemimpin Moravian yang berpengaruh, suatu kali pernah berkata tentang lagu ini, “Seandainya saya mempunyai seribu lidah, akan saya gunakan semuanya untuk memuji Kristus Yesus.”

Charles Wesley menghabiskan 50 tahun lebih hidupnya untuk melayani Tuhan yang sangat ia kasihi. Saat-saat terakhir menjelang ajal pun, ia masih sempat mendiktekan lagu himnenya yang terakhir kepada istrinya. Ia meninggal pada tanggal 29 Maret 1788 dan dimakamkan di Marylebone Parish Church, London. Sepanjang hidupnya ia menulis lebih dari 6000 lagu-lagu himne.

Sumber:

Submitted by admin on 29 August, 2006 - 13:30
 

Comments

2 comments posted
karya-karyanya sangat

karya-karyanya sangat indah.. sampai sekarang pun masih sering didendangkan.. :)

kafelifestyle's picture
Posted by kafelifestyle (not verified) on 17 February, 2010 - 05:09
active directory domain currently unavailable

Here the fully guide help your any problem,now this is good place to search any issue,here the one of the simple method to fins solve this issue active directory domain currently unavailable i am sure you easily to understand this process,using this tips.

martin1234's picture
Posted by martin1234 on 11 October, 2018 - 17:57

Komentar