Login / Register    » RSS GEMA Feed

Unsur Pembentukan Akor (Dalam Permainan Keyboard)

santi's picture

UNSUR PEMBENTUKAN AKOR

CM (C Mayor)

Akor CM dibentuk atas penggabungan 3 buah nada, yaitu do-mi-sol (1-3-5) atau C-E-G. Notasi do pada akor CM berfungsi sebagai root (bass), nada rendah atau nada ke-1, notasi mi adalah nada ke-3, dan sol adalah nada ke-5 dalam urutan tangga nada C. Jika akor CM digunakan sebagai iringan (rhitem) sebuah lagu, tidak hanya notasi do yang dapat menjadi root, notasi mi dan sol dapat pula menjadi root, penamaan ini disebut dengan Inversi. Penamaan "mayor" berasal dari jarak nada do ke nada mi (M3), sedangkan dari nada mi ke nada sot berjarak m3.

Cm (Cmin, C-)

Akor Cm dibentuk atas penurunan 1/2 nada, yaitu nada tingkat ke-3 dalam tangga nada C atau nada tingkat ke-2 dalam struktur notasi akor do-mi-sol (1-3-5) atau C-E-G. Akor CM3 mengalami penurunan 1/2 nada menjadi Cm3 atau Cminor (C-).

C7 (C Dominan Septime 7)

Akor C7 dibentuk atas penambahan notasi tingkat ke-7 (bes) yang diturunkan 1/2 nada dalam tangga nada dan struktur notasi akor C.

Struktur notasi:
Do- Mi- Sol- Bes
1 - 3 - 5 - 7
C - E - G - B

CM7 (C Mayor 7) atau CM7

Akor CM7 dibentuk atas penambahan notasi tingkat ke-7 (B) dalam tangga nada C pada struktur notasi akor C.

Struktur notasi:
Do- Mi- Sol- Si
1 - 3 - 5 - 7
C - E - G - B

C9 (C Dominan Septime 7/9)

Akor C9 dibentuk atas atas penambahan 2 notasi sebagai berikut:

1. Notasi tingkat ke-7 (B) yang diturunkan 1/2 nada dalam tangga nada C menjadi bes.
2. Notasi tingkat ke-2 (D) dalam tangga nada C oktaf ke-2 atau notasi tingkat ke-9.

1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7         1 - 2
C - D - E - F - G - A - Bes       c - d
1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7         8 - 9         
       Oktaf ke-1               Oktaf ke-2

Struktur notasi:
Do - Mi - Sol - Bes - Re
1  - 3  - 5   - 7   - 2
C  - E  - G   - B   - d

CM9 (C Mayor 9 )

Akor CM dibentuk atas penambahan 2 notasi sebagai berikut:

1. Notasi tingkat ke-7 (B) dalam tangga nada C.
2. Notasi tingkat ke-2 (D) dalam tangga nada C oktaf ke-2 atau notasi tingkat ke-9.

1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7      1 - 2
C - D - E - F - G - A - B      c - d
1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7      8 - 9
      Oktaf ke-1             Oktaf ke-2

Struktur notasi:      
Do - Mi - Sol - Si - Re
1  - 3  - 5   - 7  - 2      
C  - E  - G   - B  - d          

Keterangan: jika digunakan sebagai iringan (rhitem) lagu, biasanya hanya menggunakan 3 sampai 4 notasi sebagai berikut:

• 1-7-2-3-7-2 atau 5-7-2
• 1-3-7-2 atau 3-5-7-2

C11 (C Dominan Septime 7/9/4 (11))

Akor C11 dibentuk atas penambahan 3 notasi sebagai berikut.

1. Notasi' tingkat ke-7 (B) yang diturunkan 1/2 nada dalam tangga nada C menjadi bes.
2. Notasi tingkat ke-2 (D) dalam tangga nada C oktaf ke-2 atau notasi tingkat ke-9.
3. Notasi tingkat ke-4 (F) dalam tangga nada C oktaf ke-2 atau notasi tingkat XI.

1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7	  1 - 2 - 3 - 4
C - D - E - F - G - A - Bes       c - d - e - f
1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7b        8 - 9 - 10-11
     Oktaf ke-1	                    Oktaf ke-2			

Struktur notasi:
Do - Mi - Sol -Bes - Re - Fa
1  - 3  -  5  - 7b - 2  -  4 
C  - E  -  G  - B  - d  - f

Keterangan: jika digunakan sebagai iringan (rhitem) lagu, biasanya hanya menggunakan 4 notasi, yaitu 1-7-2-4-3-7-2-4 atau 5-7-2-4.

C13 (C Dominan Septime 7/9/6 (13))

Akor C13 dibentuk atas penambahan 3 notasi sebagai berikut.

1. Notasi tingkat ke-7 (B) yang diturunkan 1/2 nada dalam tangga nada C, menjadi bes.
2. Notasi tingkat ke-2 (D) dalam tangga nada C oktaf ke-2 atau notasi tingkat ke-9.
3. Notasi tingkat ke-6 (A) dalam tangga nada C oktaf ke-2 atau notasi tingkat XIII.

1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7      		1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6  
C - D - E - F - G - A - Bes		c - d - e - f - g - a
1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7b		8 - 9 - 10- 11- 12- 13
        Oktaf ke-1	                      Oktaf ke-2
  
Struktur notasi:
Do - Mi - Sol - Bes - Re - La
1  - 3  - 5   - 7   - 2  - 6
C  - E  - G   - B   - d  - a

Keterangan: jika digunakan sebagai iringan (rhitem) lagu, biasanya hanya menggunakan 4 notasi, yaitu 1-7-2-6-3-7-2-6 atau 5-7-2-6.

C11-9 (C Dominan Septime 7/4 (1_1) Minus 9)
Akor C11-9 dibentuk atas penambahan 3 notasi sebagai berikut.

1. Notasi tingkat ke-7 (B) yang diturunkan 1/2 nada dalam tangga nada C menjadi bes.
2. Notasi tingkat ke-2 (D) yang diturunkan 1/2 nada dalam tangga nada C oktaf ke-2
menjadi des (minus 9).
3. Notasi tingkat ke-6 (A) dalam tangga nada C oktaf ke-2 atau notasi tingkat XIII.

1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7            1 - 2b - 3 - 4
C - D - E - F - G - A - Bes          c - des- e - f
1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7b           8 - 9  - 10- 11
       Oktaf ke-1                      Oktaf ke-2

Struktur notasi:
Do - Mi - Sol - Bes -Des - Fa 
1  - 3  -   5 -  7b - 2b - 4 
C  - E  -   G -   B -  d - f

Keterangan: jika digunakan sebagai iringan (rhitem) lagu, biasanya hanya menggunakan 4 notasi, yaitu 1-7-2-4-3-7-2-4 atau 5-7-2-4.

C11+9 (C Dominan Septime 7/4 (11) Plus 9)

Akor C11+9 dibentuk atas penambahan 3 notasi, sebagai berikut.

1. Notasi tingkat ke-7 (B) yang diturunkan 1/2 nada dalam tangga nada C menjadi bes.
2. Notasi tingkat ke-2 (D) yang dinaikkan 1/2 nada dalam tangga nada C oktaf ke-2 menjadi
dis (plus 9).
3. Notasi tingkat ke-4 (F) dalam tangga nada C oktaf ke-2 atau notasi tingkat XI.

1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7              1 - 2 - 3 - 4  
C - D - E - F - G - A - Bes            c -dis -e - f
1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7b             8 - 9 - 10 - 11
      Oktaf ke-1                          Oktaf ke-2

Struktur notasi:
Do - Mi- Sol- Bes - D - Fa
1  - 3 -  5 - 7b  - 2 - 4
C  - E -  G - B   - d - f

Keterangan: jika digunakan sebagai iringan (rhitem) lagu, biasanya hanya menggunakan 4 notasi, yaitu 1-7-2-4-3-7-2-4 atau 5-7-2-4.

C11-5 (C Dominan Septime 7/9/4 (11) Minus 5)

Akor C11-5 dibentuk atas penambahan 4 notasi sebagai berikut.

1. Notasi tingkat ke-7 (B) yang diturunkan 1/2 nada dalam tangga nada C menjadi bes.
2. Notasi tingkat ke-2 (D) dalam tangga nada C oktaf ke-2 atau notasi tingkat ke-9.
3. Notasi tingkat ke-4 (F) dalam tangga nada C oktaf ke-2 atau notasi tingkat XI.
4. Notasi tirskat ke-5 (G) yang diturunkan 1/2 nada dalam tangga nada C menjadi ges.

1 - 2 - 3 - 4 - 5b - 6 - 7b	  1 - 2 - 3 - 4
C - D - E - F - Ges- A - Bes	  c -dis- e - f 
1 - 2 - 3 - 4 - 5  - 6 - 7b       8 - 9 - 10- 11
        Oktaf ke-1	            Oktaf ke-2

Struktur notasi:
Do -Mi- Sel - Bes - D - Fa
1 - 3 -  5  - 7b  - 2 - 4 
C - E - Ges -  B  - d - f

Keterangan: jika digunakan sebagai iringan (rhitem) lagu, biasanya hanya menggunakan 4 notasi, yaitu 7-2-4-5.

C11+5 (C Dominan Septime 7/9/4 (11) Plus 5)

Akor C11+5 dibentuk atas penambahan 3 notasi sebagai berikut.

1. Notasi tingkat ke-7 (B) yang diturunkan 1/2 nada dalam tangga nada C menjadi bes.
2. Notasi tingkat ke-2 (D) datam tangga nada C oktaf ke-2 atau notasi tingkat ke-9.
3. Notasi tingkat ke-4 (F) dalam tangga nada C oktaf ke-2 atau notasi tingkat XI.
4. Notasi tingkat ke-5 (G) yang dinaikkan 1/2 nada dalam tangga nada C menjadi gis.

1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7          1 - 2 - 3 - 4  
C - D - E - F -Gis- A - Bes        c -dis- e - f
1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7b	   8 - 9 - 10-11
      Oktaf ke-1                    Oktaf ke-2
      
Struktur motasi:
Do - Mi - Sel - Bes - D - Fa
1  - 3  -  5b - 7b  - 2 - 4
C  - E  - Gis - B   - d - f

Keterangan: jika digunakan sebagai iringan (rhitem) lagu, biasanya hanya menggunakan 4 notasi, yaitu 7-2-4-5.

C13-9 (C Dominan Septime 7/6 (13) Minus 9)

Akor C13-9 dibentuk atas penambahan 3 notasi sebagai berikut.
1. Notasi tingkat ke-7 (B) yang diturunkan 1/2 nada dalam tangga nada C menjadi bes.
2. Notasi tingkat ke-2 (D) yang diturunkan 1/2 nada dalam tangga nada C oktaf ke-2 menjadi des atau notasi tingkat ke-9.
3. Notasi tingkat ke-6 (A) dalam tangga nada C oktaf ke-2 atau notasi tingkat XIII.

1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7           1 - 2b - 3 - 4 - 5 - 6
C - D - E - F - G - A - Bes         c - des- e - f - g - a
1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7b          8 - 9  - 10- 11- 12- 13
       Oktaf ke-1                        Oktaf ke-2
             
Struktur notasi:
Do-Mi -Sol- Bes - Des- La
1 - 3 - 5 - 7b  - 2b - 6
C - E - G - B   - d  - a

Keterangan: jika digunakan sebagai iringan (rhitem) lagu, biasanya hanya menggunakan 4 notasi, yaitu 1-7-2-6-3-7-2-6 atau 5-7-2-6.

C13+9(C Dominan Septime 7/6 (13) Plus 9)

Akof C13+9 dibentuk atas penambahan 3 notasi, sebagai berikut:
1. Notasi tingkat ke-7 (B) yang diturunkan 1/2 nada dalam tangga nada C menjadi bes.
2. Notasi tingkat ke-2 (D) yang dinaikkan 1/2 nada dalam tangga nada C oktaf ke-2 menjadi dis atau notasi tingkat ke-9.
3. Notasi tingkat ke-6 (A) dalam tangga nada C oktaf ke-2 atau notasi tingkat XIII.

1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7 	     1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6
C - D - E - F - G - A - Bes 	     c -dis- e - f - g - a
1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7b	     8 - 9 - 10- 11-12 - 13
      Oktaf ke-1
      
Struktur notasi:
Do- Mi- Sol- Bes - Dis - La
1 - 3 - 5 -  7   - 2   - 6
C - E - G -  B   - d   - a

Keterangan: jika digunakan sebagai iringan (rhitem) lagu, biasanya hanya menggunakan 4 notasi, yaitu 1-7-2-6-3-7-2-6 atau 5-7-2-6.

Sumber diambil dari:
Judul buku: Memperindah Permainan Keyboard dengan Menggunakan Jembatan Akor
Penulis: Dr. Hendro S.D, M.gc
Penerbit: Penerbit PT.Kawan Pustaka
Halaman: 4 - 7

Submitted by santi on 1 September, 2010 - 11:21

Comments

7 comments posted
Wuih

Shalom... Wah.. kapan ya aku punya guru kibor kayak kamu.. aku teori tahu dikit sih.. kalomasalah teori nada pd kibor ku kira sama aja ma alat musik laen, aku pengen juga sih mahir keybot.. tp sayangnya nggakpunya keybor.. adanya kalkulator,,, hi hi
Mau belajar di greja jg gak ada yg ngajarin, trus kalo maen kibornya greja jg sungkan gimana gt...
Fadjar08568144717

wahyu fajar sanjaya's picture
Posted by wahyu fajar sanjaya on 3 September, 2010 - 12:45
@wahyu fajar sanjaya

Shalom,

wah...wah...jadi gimana gitu..
aku bukan guru keyboard...hehe, aku juga masih perlu belajar terus untuk bisa memainkannya :-)

Ngumpulin uang dulu (nabung) untuk beli keyboard...hehe

santi's picture
Posted by santi on 3 September, 2010 - 14:28
tanya dunkk mbakkk....

kalo punyaku itu ya mbak, gag gau itu organ pa keyboard cz gag tau perbedaannya dmana..ya anggap aja itu keyboard ya mbak, jadi punyaku itu tombolnya cuma sampe 1 dengan 2 titk diatas (entah itu namanya apa, cz awam bgt aku.., jadi kelihatannya gag bisa tu diturunin setengah, cz juga kelihatannya gag ada featurnya juga.. jadi ya lok mo diturunin paling langsung 1 oktaf.. jadi kalo misalnya panurunan setengah keyboard tu gmana?? apa mang ada feature sendiri ato gmana??? haduh maap ya kalo pertanyaanQ membuatmu bingung, karena aku juga bingung ma pertanyaanQ ndirii,ohohohoh....

yohana pradita suluh's picture
Posted by yohana pradita suluh on 4 September, 2010 - 19:46
@yohana pradita suluh

Hehe...benar apa yang kamu katakan. Aku memang bingung dengan pertanyaanmu :D
Penurunan setengah keyboard itu nggak ada. Adanya penurunan setengah nada...hehe.

Keyboard atau pun piano tentunya memiliki jarak tuts yang sama dari do ke do (tinggi).

Misal dalam interval, nada dasar C=do

C    D    E    F    G    A    B    C
   1    1   1/2   1    1    1   1/2

Nah, C ke D berjarak 1 
     E ke F berjarak 1/2

Contoh:
nada D diturunkan 1/2 nada, maka akan menjadi C#.
nada F diturunkan 1/2 nada, maka akan menjadi E
nada A diturunkan 1/2 nada, maka akan menjadi G#

Sebaliknya,
nada D dinaikkan 1/2 nada, maka akan menjadi D#
nada F dinaikkan 1/2 nada, maka akan menjadi F#
nada B dinaikkan 1/2 nada, maka akan menjadi C

Semoga ini yang Anda maksudkan dan dapat membantu pemahaman Anda. Gbu

santi's picture
Posted by santi on 6 September, 2010 - 12:47
hahaha... masih bingung

map ya mbak, namanya juga orang awam jadi banyak tanya nya... nah yang dmaksud C, D, E, F, dll itu yang mana ya mbak? mksudnya tombolnya yang mana gtu. Klihatannya setelah pertanyaanQ terjawab aku mulai mendapat titik terangnya, hahahaah.....
maksiiihhhh....

yohana pradita suluh's picture
Posted by yohana pradita suluh on 7 September, 2010 - 20:06
@yohana pradita suluh

Yah, paling gampangnya gini aja deh. Tuts keyboard paling kiri (warna putih) adalah C trus selanjutnya bisa kamu pelajari sendiri (D E F G A B) kembali ke C lagi. Perlu diingat lagu-lagu yang dimainkan harus dilihat dulu nada dasarnya apa, misal do=C, d0=D...dst.

santi's picture
Posted by santi on 16 September, 2010 - 10:49
free youtube subscriber

You must follow the given link ytsubscribers.com/ for getting the free subscribers for your youtube channel as you will be able to bring more traffic to it.

carl007's picture
Posted by carl007 on 2 December, 2016 - 02:01

Komentar