Login / Register    » RSS GEMA Feed

Manage It or You Will Lose It

AntoNazareth's picture

“Karena setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan. Tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.”
Matius 25:29

Pernahkah anda mendengar seseorang yang mengatakan “manage it or you will lose it” (“Atur/kelolalah dengan baik atau engkau akan kehilangan hal tersebut”) ? Ternyata prinsip itu itu merupakan salah satu kebenaran Firman Tuhan. Kita akan kehilangan sesuatu yang tidak bisa kita kelola dengan baik. Inilah yang disebut dengan penata layanan atau prinsip stewardship dalam Firman Tuhan.

Konsep penata layanan ini sering dikaitkan dengan keuangan kita, karena banyak contoh yang dipakai di Alkitab mengenai prinsip pengelolaan yang baik dihubungkan dengan uang. Tidak salah, tapi lebih dari itu, prinsip pengelolaan berbicara mengenai banyak hal mulai dari soal keuangan, waktu, talenta, bakat, tujuan hidup, bahkan setiap hubungan yang kita miliki. Sebagai contoh, ketika kita kehilangan uang sebesar Rp. 100.000,- mungkin kita akan merasa sakit, namun dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama kita akan bisa mengembalikannya. Namun bagaimana dengan waktu ? Kita tidak dapat mengulang waktu yang kita buang dengan sia-sia. Bahkan seringkali terjadi penyesalan demi penyesalan karena kita tidak bisa mengelola apa yang kita miliki. Berbicara soal penata layanan berbicara tentang bagaimana kita mengatur kehidupan kita(“Managing Your Life”). Semakin kita bisa mengatur kehidupan kita dengan baik, kita akan semakin berkelimpahan. Sebaliknya jika kita tidak bisa mengatur kehidupan dengan baik, semuanya akan hilang begitu saja dalam kesia-siaan.

Firman Tuhan mengajarkan kepada kita, bahwa ketika kita diciptakan dan lahir sebagai manusia, Tuhan sudah memberikan segala potensi untuk kita menjadi sukses dan berhasil selama hidup di dunia ini. Karena itu Tuhan melengkapi kita dengan segala talenta, sumber daya, hubungan, waktu, dan keuangan yang harus kita kelola dengan baik supaya kita dapat hidup sesuai dengan tujuan yang Tuhan sudah tentukan.

Ada 4 hal yang mau saya bagikan tentang prinsip stewardship atau penata layanan yang akan saya buat menjadi sebuah singkatan, yaitu T.I.M.E.

1. Treasure – Hargai setiap pemberian yang Tuhan sudah percayakan kepada kita, jangan sia-siakan.

2. Invest - Pikirkan untuk menggunakan setiap talenta, keuangan, waktu, dan hubungan kita untuk sesuatu yang akan berdampak di masa depan.

3. Manage – Atur dan manfaatkan setiap talenta, keuangan, waktu, dan hubungan kita untuk kegiatan yang positif bagi kehidupan kita.

4. Enjoy – Nikmati setiap berkat yang sudah Tuhan berikan kepada kita.

Ketika kita bisa mengelola dengan benar apa yang Tuhan sudah percayakan kepada kita saat ini, saya yakin kita akan dipercaya untuk suatu yang lebih besar di kemudian hari.
 
Sumber: Ditulis oleh Pdt. DR. Jimmy Oentoro

Submitted by AntoNazareth on 19 February, 2013 - 10:24

Comments

2 comments posted
Kita akan kehilangan sesuatu

Kita akan kehilangan sesuatu yang tidak bisa kita kelola dengan baik. Inilah yang disebut dengan penata layanan atau prinsip stewardship dalam Firman Tuhan.
soundcloud downloader

ryanpeterson's picture
Posted by ryanpeterson on 21 August, 2018 - 13:38
Free Animal Jam Codes Online

Get game codes animal jam from here completely free of cost.

Sara99's picture
Posted by Sara99 on 31 October, 2018 - 12:55

Komentar