Login / Register    » RSS GEMA Feed

FLAC - Format Audio Terbaru dengan Kualitas Suara yang Jauh Lebih Bagus

admin's picture

Permasalahan:
Semakin banyak orang-orang yang melakukan burning CD untuk membuat CD audio dengan menggunakan format FLAC. Namun, audio player seperti Winamp 5 tidak bisa memutar format ini bahkan tidak mengenali file audio dengan format FLAC tersebut.

Solusi:
FLAC adalah singkatan dari Free Lossless Audio Codec, yang berarti kompresi data yang dihasilkan hampir sama dengan kualitas audio aslinya. Berbeda dengan format MP3 atau Ogg Vorbis-menggunakan metode Lossy dalam melakukan kompresi data-yang berarti kualitas audio dari file yang dihasilkan akan berbeda jauh dari kualitas aslinya dan terkesan asalasalan, yang penting file tersebut bisa diputar dan didengarkan oleh telinga Anda.

Beberapa keuntungan lain yang bisa didapatkan dari FLAC, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memakai format ini, karena FLAC adalah format audio yang gratis dan bisa dipakai siapa saja. Mungkin karena faktor ini juga yang menyebabkan para produsen MP3 Player mengintegrasikan format FLAC kedalam produk-produk mereka. Sebagai contoh, produk yang sudah mendukung format FLAC adalah Rio Karma (www.rioaudio.com).

Jika dibandingkan dengan format MP3 atau Ogg Vorbis, format FLAC ini memang memerlukan ruang harddisk yang cukup lega. Bayangkan saja, ketika kami mencoba mengonversi file audio dari format MP3 ke format FLAC, file MP3 yang hanya berukuran sebesar 3.5 MB setelah menjadi format FLAC membengkak menjadi berukuran sekitar 33 Mb. Sangat besar memang, tapi kualitas suara yang dihasilkan juga berbeda jauh dari format MP3. Jika Anda menginginkan informasi teknis dari format FLAC secara lebih detail, Anda bisa masuk ke situs http://flac.sourceforge.net.

Pada situs tersebut, Anda akan menemukan berbagai informasi penting, seperti beberapa software audio player untuk platform operating system yang berbeda-beda dan beberapa plug-in untuk software audio player yang sudah dikenal seperti Winamp dan Windows Media Player. Di situs ini Anda juga bisa men-download beberapa software audio player seperti Nero Media Player atau Foobar 2000. Untuk memperbaiki Winamp player Anda yang tidak bisa memainkan file audio dengan format FLAC, cukup menginstal paket FLAC installer yang kami sertakan dalam CD pada perangkat PC Anda. Cukup mudah, bukan?

Untuk Anda pencinta film-film dengan format DVD dan pengguna software power DVD, mungkin sering merasa kesal dengan kualitas suara yang dihasilkan oleh player yang Anda pakai. Kebanyakan DVD yang diputar dengan player tersebut memang mempunyai kualitas suara yang kurang bagus atau volume suaranya kurang besar, sehingga membuat Anda tidak bisa menikmati film tersebut.

Hal itu bisa disebabkan oleh codec yang disediakan player tersebut kurang bisa n:emaksimalkan fungsi untuk mengeluarkan volume suara yang lebih besar. Jika Anda membutuhkan suara yang menggelegar dari film DVD kesukaan Anda, kami sarankan Anda mencoba software player VLC. Player tersebut bisa menaikkan volume suara yang tadinya kecil menjadi dua kali lipat lebih besar. Selain itu, dalam player tersebut sudah terintegrasi berbagai codec sehingga berbagai format audio maupun video bisa diputar pada player ini tentunya dengan kelebihan suara yang menggelegar.

Dikutip dari: "Multimedia & Permasalahannya"
Penulis: Alexander Prajonggo Haryo J.
PC Media 02/2006

Submitted by admin on 14 August, 2006 - 11:40

Comments

10 comments posted
Pemerhati Audio

Kalau begini ceritanya...FLAC bukanlah solusi yang baik, karena ukuran file yang besar.
Tak ada bedanya dengan format audio - CD yang kisarannya sekitar 31 Mb untuk satu lagunya.

Bagi saya Mp3 justru solusi yang tepat, kompresi tinggi dan audio yang pas.
Tetapi hal yang perlu di ingat adalah, ketika mengkrompesi menjadi file Mp3.........source aslinya pun harus bagus....

IMHO......

Sahabat GEMA's picture
Posted by Sahabat GEMA on 5 November, 2008 - 13:04
untuk FLAC sy baru coba ...

untuk FLAC sy baru coba ... beberpa musik dengan format audio FLAC sy denger lebih bersih dan jernih apalagi untuk lagu lagu klasik atau jazz dengan akustik tinggi terasa kedengeran bener petikan gitar dan vokalnya trasa beda jauh dari format mp3 biasa
sekedar pengalaman sy aja

tapi terlepas dari kembali ke hardware audio yg di pakai , sy sendiri pake speaker Harman Kardon dengan sound card creative extreme music

heri's picture
Posted by heri (not verified) on 17 November, 2008 - 18:36
FLAC...cool....

Saya baru aja tergila2 sama format yg satu ini... Jadi bela2in beli HD 1TB deh buat kumpulin koleksinya. Cuma klo donlot lama banget yak.. Satu album aja linknya minimal 4 dengan muatan 100MB/link.. :(

Roy Kawilarang's picture
Posted by Roy Kawilarang (not verified) on 28 December, 2008 - 16:40
Qwsuka bgt ma ni jenis file

Qwsuka bgt ma ni jenis file Free Lossless Audio Codec (FLAC)
Jangan jadikan ukuransebagai masalah pandai2lah manfaatin memory.

teler windowsku's picture
Posted by teler windowsku (not verified) on 28 February, 2009 - 11:39
Baru tahu

Aku baru tahu malahan ada format jenis ini ... :p ...

dianpra's picture
Posted by dianpra on 2 March, 2009 - 10:22
hanya untuk telinga sensi

Jika anda merasa mp3 sudah cukup maka anda orang yang beruntung. Karena orang2 yang memakai FLAC hanya orang2 yang sudah tertular audio2 kualitas bagus, sehingga mereka tidak puas dengan mp3 bahkan yang 320 kbps :-)
Jika anda sudah bisa membedakan kualitas flac dengan mp3 berarti anda sangat tidak beruntung, karena bersiap-siaplah sedia HD berkapasita besar, speaker THX dan soundcard yang TOP :-)

dwilicious's picture
Posted by dwilicious (not verified) on 28 July, 2009 - 18:26
iy bang...,sepakat..,saya

iy bang...,sepakat..,saya pernah ndengerin di kompie temen..suaranya jernihan di format flac ketimbang di mp3..
btw untuk download music dg format flac yang free dimana y bang???ada ling nda??

lukimin's picture
Posted by lukimin (not verified) on 20 May, 2010 - 05:53
Flac emang bagoeesss....

kayaknya gak ada yang ngalahin untuk format flac sih ya jernih ya gak ada noise_nya.... jadi demen aja ngedengerinya, sekarang dah banyak tuch player yang ngedukung format yang satu ini kayak MEIZU, Teclast, Sansa, Cowon..... (.... kayak jadi promosi ya.....hehehheee.. ).

Tapi yang harus di perhatiin emang bener tuh kata saudara "Roy Kawilarang", kudu nyiapain yang namanya space yang gede di hardisk... kenapa?? ku kira penjelasan artikelnya jelas banget ya menjelaskan tentang masalah ukuran....

rangga wijaya's picture
Posted by rangga wijaya (not verified) on 28 May, 2010 - 19:06
Convert ke FLAC

Di artikel di atas tertulis bahwa kita bisa erubah format mp3 ke FLAC, dan ukuran filenya akan membengkak.. tapi sebenarnya itu tidak akan meningktkan kualitas audionya, karena format mp3 tentu telah mengalami kompresi. Utntuk mendapatkan kualitas audio FLAC yng sebenarnya, convert dari audio CD ke FLAC, maka akan didapatkan suara yang benar-benar jernih dan loseless

erdy_cool's picture
Posted by erdy_cool on 9 January, 2011 - 17:16
When we burn a CD to create

When we burn a CD to create audio CDs using the FLAC format, most people experience sound issues. If the application can provide a better quality sound that would be really helpful. louvre museum private tours I am glad you have shared the details of this application.

SussanBetcher's picture
Posted by SussanBetcher on 10 January, 2017 - 16:06

Komentar